Monday, October 14, 2019

Nirma Dan Pewarnaan


1. Prinsip keindahan bentuk nirmana : 

a. Kesatuan (Unity) : Adalah salah satu prinsip dasar tata rupa yang sangat penting.
b. Keseimbangan (Balance) : Sebauh karya seni dan desain harus memiliki keseimbangan      agar nyaman dipandang dan tidak membuat gelisah.
c. Proporsi (Proportion) : Proporsi ialah prinsip dasar tata rupa untuk mendapat keserasian      dalam sebuah karya.
d. Irama (Rhythm); merupakan pengulangan gerak yang teratur dan terus menerus. Dalam      berbagai bentuk alam bisa diambil contoh pengulangan gerak pada ombak laut, gerak          dedaunan, dan sebagainya. Prinsip irama sebenarnya adalah hubungan pengulangan          dari bentuk –bentuk unsur rupa.
e. Dominasi (Domination) : ialah salah satu prinsip dasar tata rupa yang harus ada dalam        sebuah karya seni dan desain. Dominasi berasal dari kata Dominance yang                          artinya keunggulan.

2. Macam Macam unsur konseptual nirmana :
a. Titik
      Elemen titik adalah suatu bentuk kecil yang tidak mempunyai dimensi. Dari sebuah titik      dapat dikembangkan menjadi garis atau bidang.
b. Garis
       Garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian        masa dan warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, berombak,      vertikal, horizontal,diagonal, dan lain sebagainya.
c. Bidang (Plane)
      Bidang merupakan bentuk yang menempati ruang, dan bentuk bidang sebagai                    ruangnya sendiri.
d. Volume (Gempal)
        Bentuk rupa gempal / volume merupakan bentuk yang mempunyai tiga dimensi yaitu        dimensi ruang yang tediri dari panjang, lebar, tebal. Hampir semua bentuk yang dialam        semesta ini berupa gempal / volume, misalnya kain yang tipis tetap mempunyai                    ketebalan meskipun tipis.


3. Pencampuran warna
       Pencampuran warna adalah pencampuran biasanya diperoleh dari proses pencampuran misalnya pencampuran antara warna primer untuk menghasilkan warna sekunder atau pencampuran warna primer dengan warna tersier yang menghasilkan warna tersier.



4. Macam macam warna primer :
        Warna primer ialah warna pokok atau pertama yang pembentukannya tidak disertai dengan warna lainnya. Warna ini digunakan untuk bahan campuran pokok sehingga menghasilkan warna warna lain. Adapun jenis jenis warna primer yaitu: 

a. Merah, yang sebenarnya memiliki nama Magenta yakni merah semu ungu.
b. Kuning, yang sebenarnya memiliki nama Yellow.
c. Biru, yang sebenarnya memiliki nama Cyan yakni biru semu hijau.







1 comment:

GUNUNGKIDULRESORT

Contoh soal dan jawaban fotografi dan vidiografi

Hallo,kami dari  Seputar_IT  pada kali ini saya akan memberikan contoh contoh soal dari materi vidiografi dan fotografi  simak dibawah ini u...